Bagaimana mengatasi rasa kantuk saat mengemudi

Bagaimana mengatasi rasa kantuk saat mengemudi.

Jika anda sering mengemudi terutama untuk jarak jauh, tentu sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana mengatasi rasa kantuk saat mengemudi. Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat:

  • Minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau softdrink merupakan cara yang cukup efektif untuk mengalahkan kantuk. Kafein dapat meningkatkan efek tertentu di susunan saraf pusat yang mengakibatkan hilangnya rasa kantuk. Namun patut diperhatikan bahwa kadar sensitifitas seseorang terhadap kafein tentu berbeda-beda. Selain itu kadar kafein yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan pengaruh negatif terhadap jantung.
  • Jika anda tidak sendirian, ajaklah teman seperjalanan anda untuk mengobrol dengan anda. Atau putar musik dan ikuti irama musik tersebut. Patut diperhatikan bahwa pemutaran film sangat dilarang untuk ditonton oleh pengemudi.
  • Pada umumnya berkendaraan di saat hari masih terang yaitu setelah matahari terbit sampai dengan matahari terbenam, biasanya lebih mengurangi rasa kantuk dibanding berkendara pada saat malam hari. Selain itu, konsentrasi anda juga pada umunya lebih baik di saat siang hari saat anda mulai beraktifitas.
  • Berhentilah di tempat peristirahatan dan beristirahatlah sejenak. Sangat dianjurkan untuk melakukan hal ini setiap 2-3 jam setelah mengemudi. Bilaslah muka dengan air dingin, lakukan senam kecil untuk melepaskan lelah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ingatlah pepatah lama: Lebih baik lambat asal selamat!

-->